Tuesday, February 28, 2012

Planetarium Jakarta

Hari Minggu kemarin akhirnya kesampaian juga ajak Echa ke Planetarium Jakarta. Walaupun terakhir kali berkunjung kesini sekitar 1990-an, kok kayaknya ga banyak perubahan yaaa..?
Padahal kabarnya tahun 2002 yang lalu sudah ada renovasi.

Baru masuk halaman Planetarium sudah disambut pedagang yang jual mainan dgn cara ngemper mulai dari pintu gerbang sampe pintu masuk lobi.. Hmm malah di lobi itu bisa dibilang gariiing amat. Koleksi gambar yang sudah copot-copot, trus si baju astronot ituuu, kok ya dari jaman aku SD kok gitu-gitu aja ga ada perkembangannya..dah dekiill lagi.. Terus terang sedddiiiiihh..padahal sangat jarang tempat wisata edukasi di Jakarta.



Di lobi bawah itu banyak booth-booth yang jual beragam jenis mainan. Tapi ya itu.. Ga ada hubungannya sama planetarium itu sendiri. Padahal di rumah sempet kepikiran mau beli suvenir yang khas planetarium gimanaaaa gitu, kaos atau gantungan kunci dll.. Tapi aahh.. Yang ada malah pernak pernik angry bird, mickey mouse dan teman-temannya..


Ada juga sih yang jualan buku, tapi modelnya kayak ngasong gitu...*tepok jidat*



Tiket per Show disediakan 300 buah, sesuai daya tampung kursi. Karena sampai disana sudah jam 12 lewat,jd kami kebagian show untuk jam 14.30. Loket baru dibuka jam 13. So setelah antri panjaaaang untung ada bangku sepanjang antrian (jd antri bs sambil duduk) tetep harus antri berdiri lg untuk nungguin teater buka.




Akhirnya tiba jadwal masuk (yang tetep agak didorong-dorong sama yang dibelakang).. Seneng juga sih soalnya Echa seneng banget menyimak naratornya jelasin soal matahari, planet, rasi bintang dll.. Terbayarlah capek antri tadi.. :) tapi teteup ga tau tema kususnya apa yaa.. Soalnya ga ada pemberitahuan yang jelas..pokoknya kurang informatif deh



Kepikiran juga sih pengen deh bikin perkumpulan pecinta Planetarium Jakarta gituu trus bareng-bareng kita bikin Planetarium bisa jad lebih informatif untuk para pengunjung, jd bukan fokus ke Teater Bintang nya aja.. Tapi juga pengunjung dibikin jatuh hati sama tempatnya, mulai dari awal masuk, antri tiket, info-info terkait perkembangan antariksa di dunia, sampe selese nonton dan akhirnya beli suvenir untuk kenang-kenangan.. Kapan yaa bisa gituu? Ada yang minat untuk bikin groupnya? Atau jangan-jangan sudah ada yaa?


Untuk informasi:
Jadwal Show Teater Bintang

Individual
Selasa sampai dengan Jumat: 16.30
Sabtu, Minggu, Hari Libur : 10.00, 11.30, 13.00, 14.30
Jumat hari Libur. : 10.00, 13.30, 15.00, 16.30

Group
Selasa sampai Kamis. : 9.30, 11.00, 13.30
Jumat. : 9.30, 13.30

Harga Tiket
Dewasa. : IDR 7,000
Anak-anak : IDR 3,500

Alamat Planetarium Jakarta : Jl. Cikini Raya No. 73 , Taman Ismail Marzuki ( TIM ), Jakarta

Telpon : 021 - 2305146

No comments:

Post a Comment